(24/6) First Time with Kids!

24 Juni 2011

Kegiatan dengan anak-anak



Sebuah sempoa

Kami sudah membagi kegiatan-kegiatan yang akan kami lakukan hari ini sebelumnya. Saya dan Asih mendapat giliran mengajar. Kami pergi ke sekolah sekitar jam 8 WM (Waktu Malaysia). Kami mengajarkan huruf-huruf alfabet dan suku-suku kata dasar seperti babibubebo, cacicuceco, dst. Setelah itu kami menggambar dan menyanyi bersama. Memang tidak mudah membimbing anak-anak. Kadang-kadang *tapi selalu* ada yang berantem dan menanis. Saya dan Asih kebingungan menghadapinya. Apalagi mereka berdebat memakai Bahasa Iban sehingga kami tidak mengerti permasalahannya.


Kegiatan Lainnya
Sementara itu, Ali dan Vita memasak, lalu melanjutkan labeling buku, Bernard dan Gino pergi ke ladang *seperti bapak-bapak pada umumnya*. Di pertengahan hari Bernard pergi ke kecamatan bersama Pak Seko, sedangkan yang lain melanjutkan labeling buku.

Bermain dengan anak-anak
Sebelum labeling saya dan Ali mengikuti anak-anak desa untuk memanjat pohon kelapa *tentu saja kami berdua tidak ikut memanjat* ke hutan dekat desa. Ketiga anak perempuan yang jalan bersama kami dengan lincah memanjat pohon kelapa sambil membawa parang. Kelapa-kelapa pun berjatuhan. Sementara itu Gan-salah satu anak Semuntik-menjelajah hutan dan memberi kami buah-buahan liar yang bisa dimakan. Anak-anak Semuntik memang menakjubkan!



Mari memanjat!



Tara!
Rumah kreatif




Before

Kami dipinjamkan 1 ruangan bekas ruang kelas SD Semuntik. Ruangan itu berantakan maksimal! Harus benar-bernar dibersihkan! Untungkah banyak anak-anak Semuntik yang membantu menyapu dan mengepel. Beberapa kursi juga sudah dibetulkan. Semangat! besok lanjut!



Ayo bersih-bersih!




Gabut XD


0 comments:

Post a Comment