(23/6) Explore the Village!

23 Juni 2011

Kegiatan umum
Kegiatan kami secara umum pada hari ini adalah membuat katalog buku, assessment rumah kreatif di SD Semuntik dan assessment penduduk dusun Pesayah.



Di sekolah inilah rumah kreatif kami nanti!


Katalog buku
Buku-buku yang diortir memiliki 3 kategori besar yaitu; A untuk buku umum, B untuk majalah dan referensi, dan C untuk buku anak-anak. Setiap kategori besar memiliki warna-warna yang berbeda pada labelnya. Buku yang kami sortir cukup banyak sehingga cukup merepotkan pada pemasangan labelnya.

Rumah Kreatif
Kegiatan assessment rumah kreatif dilakukan oleh teman-teman saya; Ali, Bernard, Gino dan Vita. Sayang sekali di Desa Semntik ini hanya anak-anak kelas 4 ke atas yang bisa membaca, itu pun tidak lancar (-___-"). Guru-guru di sini pun sering malas mengajar padahal banyak murid yang rajin datang ke sekolah setiap hari. Banyak alasan untuk tidak mengajar sperti hujan, libur dan lain-lain. Padahal mereka tetap digaji rutin. Tak heran pak kepala desa memecat guru-guru seperti itu.




WCnya -___-" amit-amit

Dusun Pesayah
Dusun Pesayah berjarak sekitar 4 km dari dusun Semuntik. Kami berjalan kesana pada sore hari, kami mengalami banyak hal sepanjang perjalanan. Banyak tanaman buah yang dapat langsung di[etik dan dimakan. Kami juga menemukan anggrek dan kantong semar yang besarnya seperti mug.



Ayo jalan ke Pesayah!



Kantong semar XD

Isu Dusun Pesayah
Desa ini baru terkena wabah sekitar 1 tahun yang lalu. Banyak warga yang meninggal, bisa sebulan sekali atau bahkan tiap hari. Warga setempat percaya bahwa wabah tersebut disebabkan oleh mahluk halus di rumah betang yang mereka tinggali. Oleh karena itu mereka beramai-ramai pindah sementara ke rumah betang yang baru.




The villagers



Tango, hiasan leher yang dipakai saat acara2 resmi :D

0 comments:

Post a Comment