Efek kemoterapi 1 sampai 6

Horreee akhirnya kemoterapi 1-6 selesai juga, semoga ga nambah lagi. *Amiin ya Allah*

Post kali ini bercerita tentang efek kemoterapi yang gue jalanin dari bulan Mei sampai Agustus. Efek yang dialami orang bisa beda-beda. Untuk Diffuse Large B-Cell Lymphoma (DLBCL), gue dapet obat kemo R-CHOP. Bisa dilihat di https://en.wikipedia.org/wiki/Diffuse_large_B-cell_lymphoma

Monggo disimak.

  1. Mual
  2. Mual ini bisa diatasi dengan minum obat mual sebelum makan. Gue sih dikasihnya Vomceran. Pas awal-awal kemo karena belum tahu triknya, gue muntah-muntah terus sampe H+1 kemo. Kalau minum obat masih agak mual, tapi ga muntah-muntah. Tolerable lah. Overall mualnya juga cuman sampe H+2 atau H+3.
  3. Rambut rontok
  4. Percayalah ini gak sedrama yang dibayangkan. Mungkin karena gue juga emang pake jilbab jadi ga ngaruh banget buat penampilan. Gue malah nyesel gak dibotakin dari awal. Gatel banget bok kaya abis potong rambut tapi rambutnya masih nyisa. Positifnya dengan botaknya kepala, no more bad hair day. Gampang lah idup lo hahaha. Katanya sih ada obat atau apalah buat menahan rambut rontok. Tapi mending relain rambut rontok daripada tumornya ga kebasmi dengan benar. Oh ya yang rontok itu ga cuman rambut di kepala ya. Rambut-rambut lainnya juga rontok tapi ga sampai abis. Meski gue berharap tangan kaki jadi mulus tapi ga kesampaian. Alis gue emang dari sananya super tipis jadi yaaa... Gak ada yang nyadar kayaknya.
  5. Kuku kehitaman
  6. Bentuknya kayak abis kejepit pintu. Kukunya jadi agak sensitif dikit. Tapi overall ga sakit, biasa aja. Tadinya gue ngira bakal ga bisa potong kuku atau gimana, ternyata biasa aja.
    Kelihatan kan gradasi warna kuku gue. Vena gue juga kelihatan menghitam.
  7. Memar dan vena menghitam
  8. Vena nya jadi menghitam kaya sungai hitam. Venanya jadi agak keras dan gak lentur. Di sekitarnya juga agak ngilu dan pegal kalau dipegang.
    Ada bekas hitam, awalnya merah memar gitu.
  9. Pegal-pegal kayak orang meriang
  10. Well ini berasanya kira-kira menjelang seminggu pasca kemoterapi selama 2-3 hari. Rasanya kayak meriang dan renta gitu. Tapi ga demam. Pas awal-awal rasanya geletakin tangan aja udah nyut-nyutan T.T Tapi pas kemo ke belakang-belakang udah ga sepegel itu lagi. Agak khawatir juga takut badan mulai resisten dengan obatnya.
  11. Low blood counts
  12. Hb gue susah banget naiknya. Betah banget di angka 9. Apalagi kalo datang tamu bulanan. Udah fix harus transfusi. Mana kalau transfusi darahnya suka ga lancar ngalirnya *karena darah kental karakteristiknya*. Kalau udah gak lancar, ngelancarin nya itu... Ngilu T.T Tapi efek transfusi ini, badan ga pusing-pusing abis kemoterapi. Selain Hb, gue juga sempet kekurangan sel darah putih. Terus disuntik Leukogen. Pas disuntiknya itu... ngilu selama 10 detik. Abis itu efeknya pegel-pegel. Kalau baca di blog orang kayaknya pegel heboh gitu. Kalau gue efeknya sakit pinggang aja. Jadi masih bisa nge-mall hahaha.
  13. Pipi tembem, muka iteman tapi pucat.
  14. Semua orang bilang gue gendutan, pipinya. Selain pipi, yang membesar itu lingkar dada dan perut. Habisnya harus ngurangin aktifitas dan kemana-mana dianter. Padahal ya kalau di timbangan ga naik. Kalaupun naik sementara cuman 1-2 kilo.
    Sebelum kemo (bulan April awal), tapi udah ada benjolan di leher, sambil nunggu hasil biopsi boleh lah jalan-jalan.
    Bulan Juli awal, keliatan kan chubby dan pucet nya.
  15. Neuropathy
  16. Nah ini ujung jari jadi kebas gitu. Kadang-kadang perih juga. Banyak-banyak minum sama pake cream aja. Kalau orang lain ada yang sampe ga bisa nulis. OMG I'm so F*in lucky.
  17. Mudah tertular penyakit
  18. Dari awal dokternya udah wanti-wanti kalo orang yang lagi kemo itu gampang banget ketularan penyakit. Jadinya gue kemana-mana pake masker. Tapi beruntungnya gue hampir ga pernah ketularan penyakit. Suatu hari setelah kemo ke-4 adek gue bawa penyakit batuk ke rumah. Bokap gue ikut ketularan batuk, dan cukup parah. Gak sampe seminggu gue juga kena batuk dong. Dan sembuhnya lama sampe sekarang masih agak batuk. T.T
  19. Rongga mulut sensitif
  20. 2-3 hari setelah kemo tenggorokan agak radang. Dapat diatasi dengan banyak minum air putih dan vitamin C. No worries. Suatu hari gusi gue agak sakit. Nah dengan pinternya gue makan sushi di AEON. Sushi kan mentah dan makannya harus mangap. Jadilah tambah parah itu sakit gusi. Kalau makan nasi rasanya nyangkut mulu di gusi. Akhirnya gue makan kentang biar ga nyangkut-nyangkut selama sakit gusi itu.
  21. Sembelit dan beser
  22. H+1 sampai semingguan setelah kemo kususah BAB. Mau minum semacam vegeta trauma. Pas jaman kuliah pernah minum itu terus diare selama 6 hari. Akhirnya banyak-banyak minum jus, makan buah sama minum susu aja. Tapiiii, jadi sering buang air kecil. Sering bangun juga dini hari karena ingin ke toilet. Kira-kira 1-3 jam harus ke toilet paling enggak sekali.
  23. Night sweat
  24. Pasca kemo pertama rasanya muka tuh kayak pabrik minyak dan keringat *tapi kata temen gue dia seumur-umur minyakan kaya gitu*. Mungkin karena awalnya kulit gue normal dan gak banyak berminyak, jadinya berasa banget. Kalau tidur pun harus selalu sedia handuk dan alas kain. Soalnya nyuci handuk dan alas kain lebih gampang dari nyuci sprei.

Well segitu dulu yaaa... Bye-bye...


0 comments:

Post a Comment